Sabtu, 29 Januari 2011

Bagaimana Mengenali dan Menghindari Kanker?

Sumber data WHO (World Health Organization) menyebutkan.Setiap 3 menit, ada penderita kanker baru di dunia.Mungkin saja, Anda pun tak luput dari ancaman penyakit mematikan ini.Segera kenali kanker, faktor pemicunya dan hal-hal yang bisa secara efektif dilakukan untuk menangkalnya.

Kanker disebut juga tumor ganas, sedangkan pengertian tumor sendiri adalah sel yang tumbuh tidak normal.Jika tumbuhnya cepat, tidak berselaput dan bisa menyebar serta menyusup ke jaringan lain.Dikenal sebagai tumor ganas atau kanker dan termasuk dalam kriteria penyakit mematikan.Menurut Survei Kesehatan Rumah Tangga (SKRT) tahun 2002, kanker merupakan penyebab kematian nomor 3 bagi pasien rumah sakit di Indonesia setelah jantung dan stroke.Sedangkan menurut WHO, di seluruh dunia terjadi kematian akibat kanker setiap 11 menit.Dan setiap 3 menit ada penderita kanker baru di dunia.





Penyebab kanker sendiri belum bisa dipastikan, karena banyak faktor pemicu yang bisa merangsang timbulnya kanker, antara lain:
1. Bahan cemaran kimia, seperti rokok atau bahan kimia industri,
2. Penyinaran atau radiasi yang berlebihan,
3. Pemberian hormon yang berlebihan,
4. Rangsangan berupa benturan atau gesekan pada salah satu bagian tubuh secara berulang dalam waktu lama,
5. Bahan tambahan makanan seperti pengawet, pewarna dan penyedap rasa,
6. Makanan yang diolah dengan suhu tinggi seperti dipanggang atau dibakar sehingga bersifat karsinogen (pemicu kanker),
7. Daya tahan tubuh rendah sehingga mudah terinfeksi.

Kanker bisa menyerang setiap orang, tidak tergantung jenis kelamin, usia atau ras.Siapa saja bisa terserang kanker karena faktor pemicu terdapat di sekitar kita.Kanker dapat tumbuh di semua bagian tubuh, tanpa terkecuali.Sel kanker yang pertama tumbuh disebut sel kanker primer.Melalui pembuluh darah atau getah bening, sel kanker tersebut dapat menyebar ke jaringan lain.Sel kanker yang menyebar disebut kanker sekunder atau metastasis.Jenis kanker tergantung pada tempat tumbuhnya, seperti: kanker otak, kanker leher rahim, kanker payudara, kanker kulit, kanker hati, kanker tulang, kanker paru, kanker usus, kanker darah dan sebagainya.Untuk Indonesia, kasus kanker yang banyak menyerang adalah: kanker leher rahim, kanker payudara dan kanker kulit.

Tanda-Tanda dan Penanganan Kanker
Ada 7 gejala kanker yang bisa dikenali, atau biasa disebut waspada.
1. Waktu buang air besar atau kecil ada gangguan, seperti sulit keluar hingga mengeluarkan darah.
2. Alat pencernaan terganggu, seperti susah menelan.
3. Suara serak atau batuk yang tidak sembuh-sembuh.
4. Payudara atau organ lain diseluruh bagian tubuh ada benjolan yang tidak normal.Semakin lama benjolan tersebut dapat membesar.
5. Andeng-andeng atau tahi lalat yang berubah sifat, yaitu semakin besar dan terasa gatal.
6. Darah atau lendir yang tidak normal keluar dari tubuh.Darah atau lendir bisa keluar dari lubang-lubang yang terdapat dalam tubuh kita seperti mulut, hidung, organ reproduksi, dubur, dll.
7. Adanya luka atau borok yang tidak sembuh-sembuh.Bahkan luka semakin lama semakin parah.

Kanker merupakan penyakit yang sulit disembuhkan.Semakin dini ditemukan, semakin besar peluang untuk disembuhkan.Jika telah timbul tanda-tanda kanker seperti di atas, segera periksakan ke dokter untuk menghindari keterlambatan penanganan dan pengobatan.Pengobatan kanker dapat dilakukan beberapa cara, antara lain:
1. Pembedahan (operasi),
2. Obat-obatan (kemoterapi),
3. Penyinaran (radioterapi),
4. Peningkatan daya tahan tubuh (imunoterapi).

Beberapa hal yang perlu dilakukan untuk mengurangi resiko terjadinya kanker, antara lain:
1. Hindarilah faktor-faktor pemicu kanker seperti yang telah dibahas diatas.
2. Lakukan pola hidup sehat seperti olah raga, mengurangi stres dan istirahat cukup.
3. Makan makanan yang kaya serat, seperti sayur dan buah-buahan.
4. Protein yang cukup untuk regenerasi sel.
5. Cukup cairan, minimal 2 liter sehari.
6. Makan makanan yang mengandung antioksidan seperti vitamin (A, C dan E), mineral (selenium dan germanium), serta pigmen (klorofil, betakaroten dan likopen).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar